Kamis, 26 April 2018

Simulasi Penanganan Bencana

By April 26, 2018 No comments

Kamis 26 April 2018, bertempat di halaman Olahraga Setda kabupaten Pekalongan Kajen berlangsung acara simulasi Penanganan dan Penanggulangan Bencana. Acara yang sekaligus dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Nasional ini diikuti oleh seluruh organisasi dan Instansi baik Pemerintahan maupun Aparat Penegak Hukum terkait yang ada di Kabupaten Pekalongan. Ada PMI, TNI, POLRI, PMR, BPBD Kabupaten Pekalongan, Unit Rescue, Relawan, ORARI dan tentunya RAPI wilayah 35 Kabupaten Pekalongan.


Sebelum acara puncak Hari Kesiapsiagaan Nasional, 3 hari berturut-turut telah dilaksanakan pelatihan secara terpadu dari Hari Senin - Rabu 22 - 24 April 2018 ditempat yang sama dengan peserta yang sama pula.



Pada pelatihan diberikan pengetahuan dan ketrampilan kepada peserta untuk bisa menangani kondisi kebencanaan dari bencana longsor, Gempa maupun korban tenggelam di sumur maupun sungai. Dilakukan juga pelatihan evakuasi dan penanganan korban serta cara penyelamatan dari Gedung bertingkat.


RAPI Wilayah 35 Kabupaten Pekalongan sendiri menerjunkan sebanyak 10 personil. Keberadaan RAPI sangat strategis karena keanggotaan RAPI baik yang resmi maupun simpatisan yang tersebar hampir diseluruh pelosok kabupaten sangat memudahkan koordinasi dan konsolidasi komunikasi serta informasi.

Diharapkan dengan pelatihan dan Simulasi ini akan menjadikan seluruh eksponen kebencanaan siap apabila terjadi kejadian bencana hingga bisa meminimalisir jumlah korban dan dapat secara tepat dan cepat menangani korban.

0 komentar:

Posting Komentar